traffic histat

Bisnis Budidaya Hidroponik Berbasis IOT

Bisnis Budidaya Hidroponik Berbasis IOT

Menjalankan bisnis budidaya hidroponik saat ini mudah untuk dilakukan. Anda hanya cukup menyiapkan lahan, tidak perlu lahan yang luas. Namun yang paling penting memahami konsep budidaya dari tanaman hidroponik.Untuk mendukung anda menjalankan bisnis hidroponik. Inovasi dari bisnis budidaya hidroponik berbasis IOT dapat membantu untuk memonitoring kegiatan budidaya.

Peran dari Internet of Thing dalam budidaya hidroponik adalah untuk memantau kualitas air, kelembabab, dan co2 pada tanaman hidroponik. Client server yang digunakan adalah perangkat smartphone dan juga perangkat keras yang telah dirancang dengan sensor.

Kelebihan Bisnis Budidaya Hidroponik IOT

Kelebihan dari teknologi ini antara lain, sebagai berikut:

  1. Proses pemantauan kualitas tanaman hidroponik teratur.
  2. Menghindari dari kesalahan teknik budidaya.
  3. Membantu pembudidaya pemula untuk memahami konsep tanaman hidroponik.
  4. Efektif untuk meningkatkan hasil panen dari tanaman hidroponik.

Rancangan Source Code Internet of Think Untuk Binis Budidaya Hidroponik

Kontroler yang digunakan untuk membantu memantau kualitas tanaman hidroponik adalah Arduino. Arduino dapat diprogram dengan menggunakan software arduino IDE yang mendukung bahasa pemrograman C++. Bahasa pemrograman arduino cukup sederhana, sehingga akan lebih mudah untuk mengembangkan aplikasi ini.

Source code arduino bersifat open source, anda dapat degan mudah download source code arduino IOT dan memodifikasinya sesuai dengan algoritma yang diinginkan. Perangkat clien server kedua adalah smartphone. Smartphone berfungsi untuk menerima data hasil monitoring dari beberapa sensor yang terhubung dengan arduino. Untuk mengirimkan data pada perangkat smartphone dengan menggunakan ESP8266 sebagai receiver untuk wifi.

Fitur Pada Aplikasi Budidaya Hidroponik Berbasis IOT

Fitur pada aplikasi budidaya tanaman hidroponik berbasis IOT dilengkapi dengan fitur yang lengkap. Berikut ini fitur yang terdapat pada aplikasi budidaya hidroponik.

  1. Fitur Perangkat Lunak

Perangkat lunak meliputi source code arduino untuk IOT dan source code java untuk menampilkan hasil monitoring pada smartphone. Pembuatan source code arduino dapat dengan mudah dikembangkan karena sudah tersedia library untuk koneksi antara client server.

Fitur perangkat lunak yang kedua adalah butuhnya aplikasi pendukung pada perangkat sebagai display. Aplikasi dapat berupa berbasis smartphone atau berbasis website. Namun jika belum menguasai koding untuk aplikasi, anda dapat menggunakan situs thingview. Situs thingview merupakan situs yang dapat mengakses data dari perangkat sesuai dengan alamat IP yang dimiliki.

  • Fitur Perangkat Keras

Perangkat keras meliputi kebutuhan seperti mikrokontroler arduino dan juga sensor untuk mendapatkan data. Perangkat keras dapat bertindak sebagai penerima data atau pengirim data pada aplikasi perangkat lunak. Pada dasarnya perangkat keras adalah komponen yang terlihat secara visual.

Spesifikasi Aplikasi Budidaya Hidropnik Berbasis IOT

Untuk mengembangkan aplikasi bisnis budidaya hidroponik berbasis IOT dibutuhkan kemampuan koding seputar elektronika dan juga koding untuk aplikasi mobile atau website.

Terima jasa pembuatan website dan aplikasi dengan harga terjangkau wa ke kami 082377168756 ( menerima jasa pembuatan skripsi juga )

link download : bit.ly/3ey8R6F